News

Momen-momen Mengerikan Tiga Raksasa Otomotif Detroit

Street Soul – Masih ingat dengan krisis finansial yang melanda Amerika Serikat di penghujung 2008? Waktu itu tiga raksasa Detroit atau yang dikenal dengan The Big Three (Ford, General Motors, dan Chrysler) berada di ambang kebangkrutan. Mungkin ingat tapi tidak detil dan barangkali juga lupa. Beruntung ada Bill Burke dan Didier Pietri sehingga anda bisa mengingat yang terjadi pada saat itu.

Pembuat film tersebut mencipta ulang banyak momen yang bisa membuat jantung berhenti berdetak menjadi film berjudul Live Another Day. Burke dan Pietri mewawancara hampir semua eksekutif kunci, pejabat bank sentral, dan ketua serikat pekerja untuk mencipta ulang periode paling membahayakan yang menimpa industri otomotif Amerika.

Film yang tayang perdana di bioskop pada 16 September ini dimulai setelah kebangkrutan Lehman Brother di tengah krisis keuangan global pada 2008. Segala hal tampak suram bagi industri otomotif Amerika. Para CEO-nya tertawa menghibur diri di Capitol Hill saat mencari dana talangan.

Pemerintah Amerika akhirnya memberikan dana talangan pada GM dan Chrysler. “Saat itu dunia seperti kiamat,” kata Pietri. Ford CEO Alan Mulally dan tim keuangannya dipaksa bertindak lebih cepat karena kondisinya lebih mengerikan. Mereka menggadaikan semua asetnya untuk mendapatkan dana segar untuk keluar dari lubang jarum.

Burke dan Pietri terinspirasi oleh buku Crash Course karya Managing Editor Reuters dan pemenang Pulitzer Paul Ingrassia. Mereka car enthusiast dan melihat kebijakan bailout oleh pemerintah Amerika dari sudut pandang yang berbeda. Burke dan Pietri memperlihatkan kesalahan dan kemenangan yang membentuk bisnis mobil saat ini. Namun, meski dalam beberapa hal terjadi perdebatan, mereka menilai positif bailout tersebut dalam perspektif sejarah. Seperti apa detil yang terjadi pada saat itu? Tonton Live Another Day!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2017 Berita Otomotif Indonesia - Streetsoul.ID

To Top